Minggu, 24 Oktober 2010

Bertolak ke China, SBY Siap Teken 26 MoU Kerjasama

Luhur Hertanto - detikFinance

Jakarta - Presiden SBY dan rombongan bertolak ke China. Presiden SBY akan menandatangani sejumlah nota kesepahaman kerjasama dan juga menghadiri ajang Shanghai World Expo 2010.

Sejumlah menteri turut dalam rombongan. Di antaranya adalah Menlu Marty Natalegawa, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Mendag Mari Elka Pangestu, Menperind MS Hidayat. Tepat pukul 07.30 WIB, Senin (25/10/2010), pesawat kenegaraan Garuda Indonesia yang mereka tumpangi meninggalkan Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta.

Di World Expo Shanghai China 2010, Presiden akan mengunjungi Paviliun Indonesia. Selain itu, Presiden SBY akan menjadi pembicara utama pada forum bisnis yang akan dihadiri oleh sekitar 300 orang pengusaha terkemuka China dan Indonesia.

Agenda lain Presiden SBY yang juga penting adalah menyaksikan penandatanganan 26 nota kesepakatan kersamajama. Seperti dalam bidang pertambangan, infrastruktur, energi, ekonomi kreatif, pangan perikanan dan pertambangan.

Usai kunjungan kerjanya ke China, Presiden SBY menuju Hanoi, Vietnam. Agenda di sana adalah menghadiri pertemuan puncak ke- 17 ASEAN yang berlangsung pada 27-30 Oktober 2010.

"Pada akhir pertemuan, saya akan menerima jabatan selaku Chairman of ASEAN dan ASEAN Summit dari Presiden Vietnam sebab tahun depan, kita yang akan menjadi ketua ASEAN. Saya akan sampaikan pidato mengenai ke arah mana ASEAN dibawa," ujar SBY sebelum memasuki pesawat.

analisis:

lawatan kepresidenan tersebut cukup penting disamping untuk menjalin hubungan baik dan kerjasama antar kedua negara peningkatan sektor ekonomi juga berpengaruh tinggi.
Di sela pertemuan puncak tersebut, Presiden juga mengadakan pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala pemerintahan negara sahabat. Di antaranya dengan Presiden Filipina, Presiden Korea Selatan, PM China, PM Jepang dan PM Selandia Baru.

"Semuanya punya kerja sama erat terkait ekonomi kita. Terutamanya dengan hCina, Jepang dan Korea,"

Kunjungan kerja ke China dan Vietnam, akan berakhir pada 31 Oktober 2010. Wapres Boediono, Gubernur Fauzi Bowo, Mendiknas M. Nuh, Panglima
TNI Agus Suhartono dan Menko Polkam Djoko Suyanto ikut melepas keberangkatan rombongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar