Minggu, 24 Oktober 2010

Indonesia dan Jepang Sepakat Teruskan Proyek Donggi Senoro

sumber : Kompas 16/Jan/2010

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia dan Jepang sepakat untuk terus melanjutkan proyek gas Donggi-Senoro. Namun sejauh ini belum diputuskan apakah seluruh gas yang dipasok dari lapangan itu akan dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan domestik atau untuk diekspor ke manca negara.
"Mereka mengharapkan dan kita ingin Jepang terus menjadi partner kita," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh, Jumat (15/1), saat ditemui usai menjalankan ibadah sholat Jumat di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta.
Keinginan untuk melanjutkan kerja sama itu terungkap dalam pertemuan antara Menteri ESDM RI Darwin dengan Menteri Ekonomi Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang Masayuki Naoshima, pada Forum Kerjasama Indonesia-Jepang, Selasa lalu.
Darwin menyatakan, pada prinsipnya gas diupayakan untuk memenuhi kebutuhan domestik. Saat ini secara akumulatif, sekitar 65 persen gas yang dihasilkan untuk domestik. "Kita ingin terus pertahankan dan tingkatkan," tambahnya.
Terkait pemenuhan kebutuhan gas untuk domestik, Darwin menyatakan di dalam kondisi apa pun pada prinsipnya pemerintah berusaha agar tidak impor gas , kecuali kalau proyek tidak jalan jika hanya diperuntukkan domestik." Kalaupun harganya lebih bagus luar negeri, kita lebih baik memenuhi kebutuhan gas dari produksi dalam negeri," ujarnya menegaskan.


analisis:

Menurut saya Sumatera Utara dan Jawa Barat. "Sebenarnya receiving terminal ini urgent sekali, kita harus dorong bersama-sama supaya yang di Medan fokus dengan PGN, sedangkan di Jawa Barat dikerjakan Pertamina,"

Pihaknya berharap pembangunan terminal penyimpanan gas itu bisa cepat selesai supaya PLN lebih banyak menggunakan gas sebagai energi primer sehingga biaya produksi listrik. Adapun pasokan gas alam cair akan dicari dari sumber gas yang terbaik dan paling memungkinkan. "Dengan mencari sumber gas yang terbaik dari segi teknis maupun aspek ekonomis,"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar